Selasa, 28 Juni 2016

Tidak Ada SBMPTN Hari Ini


Setelah semuanya selesai dalam 2 sesi, 105 menit, 60 menit. Semuanya berjalan seperti biasa. Seperti seharusnya. Gua baru menyadari, betapa banyak hal yang teralihkan karena ujian keparat ini. Kenapa gua sebut keparat? Karena tidak sedikit orang, terutama fresh graduate SMA yang begitu menuhankan SBMPTN atau masuk PTN. Seperti tidak ada hal yang lebih indah lagi selain PTN. Seperti tidak ada hal yang lebih cerah lagi selain PTN. Sebenernya gua juga muak, tapi apa boleh buat. Sebagai orang susah, memang semuanya harus di tekuni.

Karena tidak lulus SBMPTN, maka gua jelas gak bisa masuk UNPAD atau sama seperti yang lain. Tidak bisa masuk PTN yang di inginkan. Mahalnya biaya kuliah PTS atau faktor lain, yang membuat banyak orang buta, kalo kesuksesan di raih hanya di PTN. Mungkin cuman gua kali ya yang begitu. Fakta sih, gua banget. Padahal ribuan kali gua menyadari kalo PTN bukanlah satu-satunya jalan buat gua menuju kesuksesan. Benar sekali ini. Tapi apa daya, bayang-bayang lulus PTN selalu menghadang. Mungkin orang tua gua gak menyadari apa yang gua rasakan. Mereka selalu bilang kalo gua harus masuk PTN dan gua selalu mencibir, cape hati mau ngomong. Bapa gua pun cuma ketawa nyi-nyir.

Tapi nampaknya hanya bayang-bayang yang gua buat sendiri yang membuat gua begitu tertekan. Ya, yang membuat gua begitu terbebani akan lulus tidaknya SBMPTN. Padahal seharusnya gua bisa menjalaninya dengan santai. Ngapain harus terbebani. Kita dilahirkan saja dengan orang tua yang bersenang-senang, ngapain kita harus merasa terbebani hidup setelahnya.

Setelah gua bisa menyadari kalo bernafas itu nikmat, gua bernafas sepuas-puasnya. Selama kurang lebih 4 bulan gua les. Bolak-balik indramayu Cirebon. Perjalanan 2 jam dan belajar cuma 90menit, itu pun kalo gua gak telat. Semua terasa membosankan, sumpah. Tapi sekali lagi apa boleh buat. Semua ini belum ada apa-apanya. Lalu apa gua bener-bener belajar? Gua merasa gua belajar, gua pikir gua udah melakukan semua yang gua bisa. Tapi hasil belajar sih gitu-gitu aja. Ahk, gua pun gak ambil pusing. Gak sering juga gua ngerasa males, rasa males gua lebih besar dari pada rajin. Tapi semua tetap berjalan aman selagi komitmen masih terjaga sehat. Gak sering juga gua membodoh-bodohi diri. Betapa tidak? Terutama matematika. Entah, gua gak ngerti sama matematika. Ngerti sih ngerti, tapi pas nyobain kerjain soal sendiri, kaya anjing susahnya. Gak bisa-bisa juga. Mungkin gua gak nemuin guru yang tepat. Ahh udahlah, mentok otak gua bahas Matematika. Padahal kalo denger Sudjiwo Tedjo berbicara soal Matematika, bener-bener jatuh hati gua sama Matematika. Tapi cinta gua kandas di hadapan pytagoras dan logaritma . Gua merasa begitu bodoh di hadapan matematika. Matematika diposisi matematika dasar sebagai mata pelajaran di lingkup akademik. Di luar akademik, gua begitu mencintai matematika.

Gua merasa kepala gua mau pecah, setiap hari dijejali materi-materi soal SBMPTN. Gua juga sadar, gak cuman gua yang begini. Tapi kayanya faktor-faktor lain yang membuat kepala gua mau pecah. SBMPTN soal mudah, tidak lulusnya SBMPTN yang terlalu membuat gua susah tekun. "Gak perlu pusing-pusing kar. Usaha trus doa, cukup. Seterusnya serahkan pada Tuhan." I’ve made that perception as long as I breath. Tanpa prinsip itu, mungkin sekarang gua udah mati konyol, diselimuti kepecundangan hidup. Tapi sekarang gua masih tetep idup. Dan menyadari, bernafas itu nikmat.


Setelah satu tahun dibayang-bayang keinginan untuk kuliah. Dan gua sadar ga cuman gua yang begini. Makanya gua lebih suka berada pada orang-orang yang susah. Mereka patah hati dan mendendam diri, lalu bertindak berbahaya, mengancam kalo kesusahan hidup bukanlah penderitaan, tetapi kita harus berjuang terhadapnya. Gua gak kuat berada pada orang-orang yang bahagia, hati gua gak kuat. Mereka bahagaia, bersenang-senang, tak ada gundah, tapi hanya oase. Atau mungkin mereka memang pantas mendapatkan semua itu, karena mereka pun berjuang. Tapi tak sedikit mereka menipu diri akan bahagia.

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca.