Jumat, 11 Maret 2016

Ternyata gua bego part 2


Ini gua lanjutin cerita 'ternyata gua bego'

Bude gua punya jerman study guide dan setiap tahun menerima mahasiswa asing khususnya jerman untuk magang dan mengajar bahasa jerman di lembaganya itu. Dan namanya besteweg reza’s deutschkurs. Naah ceritanya gua excited banget buat ketemu dan ngobrol sama native itu. Dan pada suatu kesempatan gua ke bandung dan ketemu sama rebecca –nama si native tuh-

Sebelumnya gua belum pernah kenalan dan belum pernah ketemu sama native itu –ya jelas belum pernah ketemu sih-. Karena gua katro aja gua pengen banget ketemu ama dia. Karena semasa gua masih belajar, kesempatan gua buat praktekin sprechen itu jarang banget. Gatel mulut gua buat sprechen, karena kebiasaan teori yang gua pake di pare. Ketika belajar bahasa itu kuncinya di praktek. Merujuk pada pribahasa bisa karena terbiasa, sama seperti cinta datang karena telah terbiasa –anjaaas-.
Karena gua belum pernah chat ato apapun sama rebecca, gua pun agak segan buat ngajak kenalan sendiri. Gua minta tolong bilqiz buat ngenalin gua ke dia. Tapi pas bilqiz mau ngenalin, gua lagi tidur. Akhirnya bilqiz cuman bilang kalo dia(bilqiz) punya temen(gua) dan pengen kenalan ama rebecca. Ketika sore datang, gua pengen jalan. ‘waaah ngajak jalan rebecca seru nih, ajak bilqiz juga, kan ada mobil nganggur 
tuh’. Bisik otak gua.

Naaah terus sebelum gua buka pembicaraan, rebecca lagi di kamar dan gua bolak balik 4x buat ngetok pintu dia. karena menurut gua ga enak aja ngetok kamar orang yang belum dikenal terus tiba-tiba ngajak jalan.
Kira-kira begini percakapannya:

“entschuldigung, eeee.. ich bin ffff..fikar. I am friend of bilqiz.” Agak gugup tuh gua disitu.
“ouh bilqiz, ya ya ya ich weis. ***&&@#$!##$(bahasa jerman)” cepet banget tai ngomongnya.
“actually, tonight me and bilqiz gonna go to cafe for drinking a coffe, would you like to join www with me,,, emh www with us”
“ooohhh. Sure, okay. Aber, *&^%$%!@#$$&& ich muss mein kleidung geƤndert. @#$%%^& funf minuten $%#%^#^.” Cuman itu yang gua tangkep, yang intinya dia suruh gua nunggu 5 menit lagi padahal sebenernya gua belum mandi, ah udah gak penting.

Setelah dia bilang okay. Dan abis itu nutup pintu. “yeessss. Yeessss.” Sambil selebrasi kaya pemain bola abis ngegolin. Gila seneng mampus gua. Serasa kaya first date aja gituu. Jonees jonees. Maklum, belum pernah ngajak cewe jalan berdua, eh gak berdua deng.

Padahal gua mau bilang, jangan 5 menit, gua belum mandi. Tapi ya udahlah. Ehhh nyata kan dia cuman ganti baju dan udah siap. Bule ga suka mandi ternyata. Tapi yang gua heran mukanya tetep aja bening. Laah kita mah, pribumi gak mandi ya lecek, kusem. Mandi dulu lah gua. Seharian perjalanan dari Indramayu ke Bandung lecek muka.

“ahh rebecca, i haven’t take a bath yet.”
“ah it’s oke, kein problem”
“and i’ve called bilqi z but she will call me five minute later.”
“#$%^&&^%&. Jemandlich *&^%$#$%^&*. Oh oke oke.”
‘please in english rebecca, aing teu ngarti.’ Teriak gua dalem ati.

Dalam perjalanan gua ke cafe. Bilqiz bilang ga bisa. Akhirnya gua pun cuman jalan berdua ama rebecca. –anjir serasa first date gua, padahal mah rebecca biasa aja-. Ini yang gua suka dari budaya barat. Selalu terbuka buat orang lain untuk berkenalan. karena ga enak aja kali ya buat nolak, kayanya sih.

Tentu sepanjang perjalanan gua ngomong sama dia dalam bahasa inggris, dalam bahasa jerman? emm bakal mukul-mukul pala sampe bonyok gua. karena bakal keliatann banget kebegoan gua. Padahal belum sebulan gua selesai belajar level B1 bahasa Jerman, yaa level yang lumayan untuk orang asing. Tapi materi sprechennya belum melekat keras di otak, jadi agak susah. Ya gitu deh.

Dalam sepanjang gua ngobrol sama rebecca, kita saling mengerti apa yang dibicarakan. Gua ngerti apa yang rebeca omongin dan rebeca juga ngerti apa yang gua omongin –mesti gua rasa dia mikir juga buat nyerna english gua yang agak akward aksennya. Banyak banget ungkapan yang sulit gua translate dalam english yang benar benar bisa dikategorikan dalam bahasa Inggris yang baik dan benar. Yaa meski pada akhirnya dia paham juga.

Banyak hal yang kita bicarakan, dan sepanjang gua ngobrol ama dia jantung gua agak gugup berdebar – anjaaaas-. tapi bukan karena gugup ama cewe ato bule, engga. Lebih karena banyak yang pengen gua omongin tapi bercampur sama rasa seneng, jadi gatau apa yang mau di omongin-. Kit ngobrol tentang refutees yang berjuta-juta dateng ke jerman, ngobrol tentang orang-orang jerman ngedukung jokowi dan orang indonesia disana juga dukung jokowi, tentang pengalaman dia di indonesia, tentang gua dan banyak lah.

Yang ngebuat gua ngerasa bego itu sebenernya. Tai gimana gua bisa kuliah dan sekolah di jerman, kalo english gua aja kaya tai. Dari situ gua sadar ternyata gua telah banyak kehilangan skill english gua. Ga cuman itu, karena gua punya cita-cita gua bakal jadi ilmuwan yang besar yang dibesarkan di eropa, tapi kenyataannya gua kaya gini. Tai, tai, tai. Sebanyak-banyaknya swearing word yang pengen gua ungkapiin ke gua sendiri. Tapi apa karena gua ngobrol sama orang yang udah lulus s1 aja kali ya, gua nganggep seperti ini. Yaa intinya dari situ gua banyak mikir. Ternyata yang gua lakuin selama ini ga ada apa-apanya sama pemuda pemuda eropa. Ini yang ngebuat gua harus lebih keras lagi dalam belajar.

Dua jam 35menit ngopi bareng rebecca ngebuat pemikiran gua jadi lebih luas. Kalo ternyata dunia persaingan global itu emang bener-bener nyata kerasnya. Kata-kata yang selama ini cuman gua denger dari media media. Sekarang gua tau, ternyata gua ga ada apa-apanya. Sampah banget masih. Tapi pernyataan ini bukan gambaran dari keprustasian gua. Tapi justru ini yang ngebuat gua jadi lebih terinspirasi dalam belajar dan merubah pribadi untuk bisa jadi yang lebih baik.
Dan ternyata dia itu udah bisa 4 bahasa asing ketika dia masih sekolah SMA. French,  spanish, russian ,english. Bahasa-bahasa kuat di wilayah eropa.



0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca.