Jumat, 11 Maret 2016

Ternyata gua bego


Ini bukan suatu tulisan atau pernyataan tentang kedepresian dan keputus-asaan atau perendahan diri. Tapi ini gua buat tulisan memang hanya untuk mengintropeksi diri gua yang sudah melangkah jauh dari apa yang udah diraih , bukan melangkah jauh sih, tapi. “ouhh... ternyata gua ga sepintar yang orang sangka ke gua, dan ternyata gua pun ga sepinter seperti pandangan orang terhadap gua. Yang selama ini memang ato yaa mungkin sebagian nganggep gua pinter, tentu dalam bidang gua. Seperti misal dalam bahasa Inggris. Keilmu sosialan –karena gua anak IPS- seperti cara gua berbicara di depan umum, kek pidato gitu. Ya... kurang lebih seperti itulah.

Jadi gini ceritanya

Sebelum gua lanjut sekolah SMA, gua pergi untuk kursus bahasa Inggris di Pare –suatu desa kecil di Kediri jawa timur yang terdapat banyak tempat kursus bahasa Inggris dan terkenal dengan English village. Gua les di Pare itu selama 1 tahun – ya hampir 1 tahun lah. Ga nyampe 1 tahun sih, 9 bulanan lah. Dan gua di tempat kursusan itu adalah member yang paling termuda, terbocah. Jelas termuda karena pada saat itu masa-masanya anak seumuran gua sekolah- masa-masa sekolah maksudnya-. Dan gua kursus setelah lulus SMP, dalam artian umur gua masih 14th pada saat gua les itu. Di kelas gua kursus jelas gua yang paling muda. Temen-temen yang lain rata-rata udah lulus SMA dan S1, itu yang ngebuat gua dalam belajar lebih cepet merespon pelajaran daripada yang lain. Entah belum gua cari tau apa istilah keilmuwannya. Yang pasti gua termuda dan yang paling cepet merespon pelajaran dan yang paling cepet bisa lah –bisa di bahasakan sepeti itu-. Okay, kurun waktu satu tahun kurang itu pasti gua ngalamin banyak hal yang belum pernah gua alamin di sekolah, bahkan di luar sekolah. Karena ini konteksnya pendidikan non formal. Dan karena memang umur gua juga masih belia untuk bisa bergaul dan belajar di dalam lingkungan seperti itu. Itu ada plus minusnya yang pasti. Cerita tentang pare akan gua lanjutin di judul yang lain. Gua mau nyambungin pengalaman ini ke judul awal ‘ternyata gua itu bego’.
            
Belajar bahasa Inggris selama satu tahun itu tentu membuat gua bisa memahamin bahasa Inggris lebih dari orang yang belajar hanya di sekolah-sekolah aja- harusnya sih gitu- tapi mungkin di sekolah yang bagus-bagus seperti di Jakarta ato Bandung bisa jadi skill english gua sama ato mungkin bisa juga lebih jelek. Dan ketika gua melanjutkan SMA gua, pasti temen-temen gua nganggep kalo gua itu emang jago english. Dan itu menjadi prestige tersendiri bagi gua dan tentu beban juga buat gua. Karena kalo gua gabisa ato ga tau tentang pertanyaan yang mereka lontarkan ke gua tentang english dan gua gabisa, “masa 1tahun di pare ga tau”. Perkataan ‘satu tahun di pare’menjadi beban tersendiri bagi gua. Ya meski itu emang resiko yang harus gua terima unconditionally. Tapi ya bukan gua bemaksud sombong, ya emang saat gua di sekolah skill english gua sedikit lebih mumpuni dari yang paling mumpuni disitu. Ya kadang juga ngefek ke pembawaan gua secara emotional, yang membuat gua kadang merasa sombong. Yaa hanya terkadang. Gua masih menghargai juga guru-guru engish gua di SMA, tapi guru-guru gua di SMA gua juga ngetreat gua lebih cuek dari yang laen, karena nganggepnya gua udah bisa. Tapi itu hanya persoalan biasa lah, ga perlu di bahas lagi.

Oke, kembali ke pembahasan. Ketika predikat yang gua pandang dalam skill english itu baik di mata orang-orang. Ini yang ngebuat gua kadang agak sedikit males ketika belajar english yang level SMA ato yang intermediate lah anggep. Itu jadi males. Karena gua nganggepnya. “ah inimah gua udah bisa”. gua yakin ini sering gua alami. Karena gua membutuhkan level english yang lebih complicated dan constantly. Dalam benak gua, ketika memperlajari pelajaran yang udah dipahamin itu justru membuat skill gua stuck ato mahkan bisa turun –karena sering meremehkan-. Ini yang sering gua alamin ketika SMA.

Predikat good skill gua pada english dipertanyakan ketika gua ga lulus SBMPTN dan ketika gua di tanya gimana soal englishnya, “waduh, susah tai soalnya. Ilmiah banget.” “ko bisa? Katanya kamu udah bisa bahasa Inggris?”
Pertanyaan dan pernyataan seperti ini juga yang pada akhirnya ngebuat gua jadi keliatan bego dan ga seperti yang stereotype anggep ke gua.

Bahkan ada salah satu temen gua, ya gua rasa dia terlalu mengagumi gua. Entah apa yang dia kagumin dari gua, yang pasti gua udah paham dari cara dia bersikap ke gua dan cerita tentang gua ke temen deket gua. Dia nganggep kalo gua itu gila –dalam artian kepinteran, berarti pinter banget. Ya mungkin dia ngebandinginnya sama dia, ya jelas jauh gua lebih cerdas. Bahasa Inggris bisa trus bahasa jerman trus bisa banyak bahasa daerah. Pokonya dia nganggep gua lebih –entah lebih dalam hal apa-. Ini ngebuat gua malu sendiri kadang. Karena gua ga sepinter yang dia pandang. Tapi yang pasti temen gua ini cewe, -ngasih keterangan aja biar ga disangka homo-.


Dan lebih terbukti lagi kebegoan gua ketika gua punya kesempatan ngobrol face to face sama foreigner. Ceritanya berlanjut ke part 2. Terlalu banyak soal.


0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca.