Kamis, 24 Maret 2016

Temen si pelipur lara

sorry kalo gambarnya agak mainstream
Temen emang sudah menjadi darah dan daging dalam kehidupan gua. Jujur setelah keluarga orang yang paling istimewa adalah temen. Itu setelah umur gua 19th. Sewaktu masih jaman-jaman sekolah temen lebih istimewa dari keluarga. Karena temenpun jadi keluarga gua setelah keluarga kandung .
 Temen yang ada di samping lu ketika lu butuh telinga untuk meluapkan kata-kata yang kita sebut cerita, unek-unek, prosa dan cinta. Temen yang kadang bukan temen kalo belum ngelakuin sesuatu yang di bilang bodoh itu bareng-bareng. Temen itu ga bakal ngebiarin temennya ngelakuin sesuatu yang bodoh...........sendirian. Temen emang punya pengaruh yang begitu besar dalam kehidupan kita. Bahkan kata Imam Ja’far Asshadiq a.s, “kamu adalah siapa temenmu.” Bener banget tuh Imam Ja’far a.s. Kalo kita temenan sama tukang minyak wangi, ya kita secara ga langsung bakal ketularan wanginya, naah kalo kita temenan sama tukang ikan asin yaa secara gak langsung kita bakal ketularan juga bau amisnya, trus lama-lama mukanya juga jadi asin, cobain aja kalo ga percaya.
Naah temen gua yang satu ini, sebut aja namanya esi. Bukan sukaesih penyanyi dangdut itu. Namanya quraisy javanipous nomadenious. Ga pernah jelas dia darimana, dari lahir dia udah nomaden, bahkan waktu bikinya aja nomaden –mungkin, wkwkwk-. Dia ini salah satu temen baik gua di smp. Padahal gua kenal dia itu cuman di sisa-sisa gua kelas 3 SMP. Dan 4 ato 5 bulan lagi itu UN. Tapi mungkin gara-gara kita sepemikiran dan sepemberontakan –etseeeh gaya- maka kitapun seketika deket gitu aja dan hampir di setiap disitu ada gua, si esi javanipous ini ada, anjaaaas kaya sendal gitu daah.
Gua sebut dia itu temen pelipur lara karena, setiap kali gua cerita tentang kepahitan yang gua alami. Pasti dia lebih pahit dari gua. Pasti itu. Itu udah teruji di UIN Bandung dan ITB. Misal begini, gua belum di beliin hp bagus, dia ga punya hp. Gua pengen beli kaos keren, kaos dia yang bagus cuman satu. Dan sekali pake, seminggu baru di cuci. Gua ga punya duit tapi tetep bisa makan, duit dia ilang dan makan cuman sama masako. Gua udah punya sepatu trus pengen beli sepatu keren, dia sepatunya jebol, boro-boro beli sepatu. Gua cerita kalo gua stress di setiap hari-hari libur, dia stress setiap hari. Ibarat teori megantronipus soktahunikus begini nih. Gua naik pohon make tangga dan di pegangin esi, tiba2 tangga’a goyang dan gua pun jatuh. Nah esi jatuh ketimpan tangga, ama pohon pohonnya juga. Pasti dia lebih complicated dari pada gua kesengsaraannya. Entah gua pun ga ngerti. Setiap weekend gua ketemu pasti kalo kita tuker cerita, selalu dia yang lebih ngenes. Sampe-sampe sempet gua bilang ke dia, “si, bisa ga sih setiap minggu lu cerita yang seneng-seneng gitu, tiaaaaap gua ketemu lu pasti pahit mulu yang diceritain, muka lu udah pahit jangan mait-maitin lagi kehidupan lu.”
Karena ketika itu gua lagi di Bandung les B. Jerman buat persiapan (niatnya) pergi ke Jerman. Karena lesnya dari hari Senin sampe Jum’at. Sabtu Minggu libur. Temen-temen gua karena kebanyakan orang Jakarta, sering pulang kalo Sabtu Minggu. Makanya sering kesepian gua kalo weekend. Kalo mereka (temen les) ada pun, mereka maenya ke bioskop. Ya mana gua bisa gabung. Ga makan 4 hari gua kalo pergi nonton. Naah gua gak bakal kesepian kalo esi mau nemenin gua maen pas weekend. Meski cuman maen sekedar ngopi ngopi aja di warkop. Tapi gua seneng masih ada temen seperjuangan sama sengsaranya, tapi lebih sengsara dia deh kayaknya. Selamat berjuang brow.

Ya begitulah temen gua yang aneh dalam sejarah pertemanan gua.
Semoga kesengsaraan dia makin berkurang dari getir pahitnya kehidupan ini. Meski sebenernya gua pun pahit. Karena yang gua minum adalah ampasnya, bukan kopinya.

Pesan moralnya : Lihat semua hal dari sisi yang baiknya. Ato kita gak bakal pernah ngeliat kalo di tengah kepahitan itu ada gula didalamnya atopun setelahnya.

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca.