Minggu, 07 Februari 2016

Tongkrongan anak muda


Sebagai anak muda yang berkepergaulan.Gua seneng banget ama yang namanya nongkrong. Yang namanya sering-sering di sebut sebagai tongkrongan. Tongkrongan itu ga cuman di pake buat anak muda yah, dan gua yakin setiap anak muda pasti punya tempat nongkrong atau tongkrongan langganannya. Menurut teori gua sih gini nih yak: Tongkrongan itu suatu tempat dimana kita sering berkunjung, melakukan sesuatu, ngumpul bareng atau tempat-tempat yang hampir kebanyakan kita ngabisin waktu di tempat itu. Jadi ada bedanya tongkrongan sama tempat nongkrong itu. Kalo tempat nongkrong itu tempat yang emang sengaja kita kumpul berdua atau bareng-bareng. Kalo anak gaul kan cafe, agak murah dikit kedai, trus lebih ekonomis warkop, paling hemat kosan –kopinya bawa sedus dari rumah waktu pulkam- hahaha. Kalo tongkrongan bisa apa aja, kampus, sekolahan, kantor, rumah dan temen-temen rumah yang lain. Yaa kurang lebih gitu lah.

Trus gini, di zaman yang mulai serba digital ini, pasti para muda-mudi nih ga aneh ama yang namanya mall. Kalo di kota-kota besar kan udah ga aneh ya mall itu, udah menjamur dimana-mana. Ngabisin waktu di saat luang dan Mall sering di jadiin sebagai tempat hiburan pemuda-pemuda perkotaan dan daerah sekitarnya. Terkadang gua bingung juga, apa mesti gitu waktu luang itu di habisin buat jalan-jalan di mall, atau sekedar window shopping di mall atau tempat-tempat hiburan yang lain. Nggak gini loh, judulnya kan tongkrongan, jadi maksud gua gini, di daerah kampus aja tongkrongan mahasiswanya itu, kaya rental ps, biliyard, warkop ato tempat-tempat lain yang di situ ga ada perputaran unsur ilmiahnya. Kecuali di tempat-tempat yang udah gua sebutin tadi, ada pengkajian ilmiah atau seminar. Misal di rental PS, ada kajian tentang manfaat PS terhadap perkembangan life-skill mahasiswa. Naaah, kan mungkin bisa jadi agak lebih bermanfaat tuh rental PS. Trus di Warkop ngadain meeting membahas bagaimana cara mahasiswa bisa dengan murah menikmat kopi dan rokok? Ya ngecer dan ngutang, misal. Karena berhubung mahasiswa itu lebih banyak waktu luangnya daripada waktu ngampusnya, dipastiin bakal lebih banyak waktu yang digunakan di luar kelas kuliah. Ini juga berlaku buat siswa. Semisalnya tempat-tempat nongkrong mahasiswa dan pelajar itu di arahkan ke yang lebih bersifat keilmuan, atau kesastraan, atau... ya intinya yang punya hubungan ke dunia keilmuwan gitulah.

Gini deh, seandainya Pemkot atau Pemda punya Perpustakaan Umum yang megah, bagus dan lengkap. Ini bisa jadi alternatif lain buat siswa dan mahasiswa menghabiskan waktu nya. Kenapa ga nongkrong di perpus gitu kan? Biar lebih agak sedikit menghibur, bisa aja perpus itu jadi teman buat tempat kafe atau tempat-tempat kongkow bareng gitu. Tapi intinya dengan adanya Perpustakaan Umum pemuda-pemuda itu punya tempat untuk menghabiskan waktunya dengan membaca. Ya emang ga salah sih tempat-tempat hiburan itu, kalau kita udah sumpek sama yang namanya pelajaran atau tugas, tempat-tempat hiburan kan dibutuhin banget. Tapi jangan semua waktu luangnya di abisin buat maen ke tempat-tempat ga jelas.

Die neue Bibliothek Stuttgart
Coba aja kita liat di Eropa dan negara-negara majunya, ambil contoh aja Jerman. Jerman itu hampir di setiap kota punya Perpustakaan daerah milik pemerintah. Keren mampus men perpusnya. Bahkan ada yang sampe tujuh lantai isinya buku semua, bayangin coba. Lah kita? Cuman punya 4 lantai, itu juga tempat belanja semua isinya. Gua punya mimpi tuh anak muda itu tempat nongkrongnya di perpus. Jadi ini bisa jadi gambaran gimana bangsa kita akan maju, karena barometernya ada pada anak mudanya. Dengan perpustakaan siapa tahu minat baca rakyat indonesia jadi bertambah, iya kan, terutama para mahasiswa dan pelajarnya. Ya meski meningkatkan minat baca ga cuman dari satu aspek.


Jadi maksud dari artikel gua yang ini adalah  penyaluran waktu. Masyarakat dan khususnya kalangan pelajar akan terbantu mengatasi masaIah gabut time nya dengan hal-hal yang positif. Apalagi jomblo jomblo baper yang hari-harinya sibuk mikirin perasaan. Padahal si doi ga pernah mikirin perasaannya. Sangat bisa terbantu tuh jomblo. Daripada stalking IG dan Timeline mantan. Mending sibukin diri dengan membaca di perpustakaan. Ini juga bisa jadi gambaran akan kemajuan negaranya. Kemajuan suatu negara itu bisa diliat dari cara negara tersebut menghargai ilmu pendidikannya. 

Coba tuh bandingin dua gambar dia atas. Yang satu 6 lantai isinya tempat perbelanjaan, yang satu 6 lantai isinya buku semua. Ya gak heran kalau Indonesia masyarakatnya konsumtif dan minat bacanya rendah.

1 komentar:

Terima kasih sudah berkenan membaca.