Kamis, 04 Februari 2016

Awal mula blog dan Warung Kopi



Sebenernya gua punya ide pengen punya blog itu udah lama banget men, iya, tapi selalu kandas niat gua ketika kesempatan datang. Jadi sebelum dateng ke warnet, itu gua niat banget buat ngedit-ngedit tulisan gua di word trus masukin ke blog gua. Tapi karena proses pengetikan itu emang rada ngebosenin, jadi gua agak beralih gitu. Ah bosen nih, jadi deh gua buka youtube ‘superbooy’ jiaaaaaahhhh wkwkwk’ jadi dah abis niat gua ngetik dan ngepost ke blog. Slalu begitu men, slalu, yaa meski yang gua buka bukan superbooy melulu, kadang dangdut, ariana, pokoknya yang seger gitu dah. Karena dulu gua SMA itu di pondok jadi untuk nyari akses internet ya ke warnet, nah kebetulan pas gua kelas 3SMA itu di pondok ad warnet, tapi tetep aja kandas cuman sampe ngedit satu tulisan, sisanya ngeyoutube, untung di pondok, jadi gua ga buka yang vulgar-vulgar gitu. Alhamdulilaaah, dosa gua bisa tercegah.

Jadi selama ini keinginan gua buat nulis itu tumbuh dari SD men, hebat kan gua. Gua bisa nulis sejak sd men, TK malah, bisa bayangin kan betapa hebatnya gua. Coba aja lu liat postingan para blogers atau prolognya para penulis yang bilang kalau dia baru mulai nulis ketika kuliah semester 4, ada yang mulai nulis sejak lulus SMA padahal keinginan untuk nulisnya sejak SMP, dan masih banyak lagi yang bilang kalo masih pemula dalam dunia tulis-menulis. Nah kan, sedangkan gua, dari TK men gua udah nulis. Dahsyat dahsyat... kalo ada emot tepuk tangan lebih kece nih. Dan dalam kurun waktu yang panjang dari 3 SMA sampe sekarang (8 bulan setelah kelulusan) gua nyimpen tulisan-tulisan gua di note hp.

Sekarang gini deh, gua itu sebenernya suka banget nulis, nulis dalam artian ngumpulin sekuel ide dan di tuangkan dalam kumpulan abjad dan menjadikannya suatu kalimat dan paragraf yang disebut pernyataan, pertanyaan, perargumenan, perdebatan dan temen-temen per yang lain. Menuangkan ide dalam tulisan itu udah menjadi bagian dari kebiasaan gua, gampangnya gini, kalo orang bosen trus bete pasti bakal ngelakuin sesuatu buat ngilangin kebeteannya kek misal ngegame, ngopi ngudud, jalan2 ato masih ada yang laen. Nah kalo gua salah satu yang gua lakuin itu nulis, karena emang waktu gua banyak dilaluin dengan kesendirian dan penuh kebetean kalo ga di isi dengan sesuatu yang bermanfaat gitu. Nulis lah gua. Tapi emang pada dasarnya gua suka maenin kumpulan abjad sih, dan di satukan untuk menjadi satu kesatuan paragraf yang enak dibaca. Dan jenis tulisan yang paling sering gua tulis itu ‘puisi’. ‘Puisi’ itu salah satu obat pilu yang syahdu yang setia menemani moment ke ambiguanku. ‘’anjaaaaas”.

Teorinya begini nih, orang yang bisa nulis karena dia bisa membaca, orang yang bisa berbicara karena dia bisa mendengar. Naaah, karena emang gua juga suka baca, meski masih maniak novel dan yaaa terkadang suka juga baca buku jurnal – suka ditinggalin kalo udah pembahasanya berat- kecuali lagi niat beut.  Dan bacaan kesukaan gua itu didasari oleh rasa keingintahuan dan ketidaktahuan yang begitu dalam akan sesuatu yang ingin gua ingin tahui. Dan setelah gua membaca terkadang juga sering muncul abjad-abjad yang disebut ide (gambar lampu gitu) meski kadang masih dalam bentuk kesimpulan atas apa yang udah gua baca, kalo yang gua baca buku jurnal. Tapi kalo yang di baca itu novel, kadang muncul suatu ide yang pengen gua tulis, gitu loh. Bener kata dewi dee lestari – penulis sekuel novel supernova yang keren beut- bilang kalo kamu pingin punya banyak tulisan maka kamu harus banyak baca. Jadi modelnya kaya input output gitu men. Trus kata opah pramoedya ananda toer bilang, Kalian boleh maju dalam pelajaran, mungkin mencapai deretan gelar kesarjanaan apa saja, tapi tanpa mencintai sastra, kalian tinggal hanya hewan yang pandai.Bener banget ini men.
Jadi ketika kita menulis pun, kita butuh pembaca, yaaa gua sih ga boong kalo blog gua pengen banget banyak yang ngunjungin. Karena tingkat minat baca di negri kita ini masih rendah dan terkhusus di daerah tempat tinggal gua juga masih rendah banget,  gua pengen tulisan-tulisan gua ini bisa menjadi stimulus untuk para pemuda biar minat baca nya tergairah. Karena kata papah tan malaka. Tak ada yang lebih agung dari ilmu, kebodohan adalah satu-satunya musuh makhluk yang harus paling di benci dan melawan suatu kehebatan ilmu tanpa ilmu itu hanya akan menjadi kebodohan abadi. Bener banget men, pecah abis quotes’a papah tan ini.

Jadi gitu men dorongan gua untuk akhirnya bertekad untuk membuat suatu page tentang tulisan-tulisan gua dan bisa dibaca oleh siapapun, jadilah blog ini. Warung kopi. Kenapa gua namain blog ini Warung kopi, ga kompleks sebenernya, simple aja. Karena gua sering nemuin banyak kumpulan kata seketika berkeliaran di pikiran ketika gua duduk dan memesan kopi item di warkop. Warkop juga menggambarkan suatu kesederhanaan dari suatu lembar kehidupan. Hanya dengan Rp. 2.000 kita bisa menikmati apa itu perpagutan antara kopi dan gula yang menjadi pelayan lidah manusia dalam membiasi pahit manisnya kehidupan. Yaa meski yang disuguhkan ga cuman kopi. Gua hanya melihat dari sisi kesederhanaannya, masalah rasa dan aroma urusan selanjutnya. Duduk aja dulu, pesen kopi, lalu hirup aromanya dan minum kopinya, setelah itu mari kita simak apa makna pahit manis nya hidup dalam kata dan aroma.

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca.